Papeda Papua

Papeda Papua; Papeda merupakan makanan berupa bubur sagu khas Maluku dan Papua yang biasanya disajikan dengan ikan tongkol atau mubara yang dibumbui dengan kunyit. Papeda berwarna putih dan bertekstur lengket menyerupai lem dengan rasa yang tawar.Papeda merupakan makanan yang kaya serat, rendah kolesterol dan cukup bernutrisi.

pepada papua

Masyarakat Indonesia bagian timur termasuk Papua sangat terkenal dengan sagu sebagai makanan tradisional. Selain Papeda Papua yang menjadi makanan khas, dengan sagu beberapa makanan ringan seperti kue kering juga dapat dibuat.

Tapi tahukah anda semua jika sagu memiliki sejumlah manfaat penting untuk kesehatan tubuh manusia? Berikut ulasannya:

1. Sagu lebih baik dan sehat dibanding nasi
Sagu memiliki kandungan karbohidrat yang hampir sama dengan yang dimiliki nasi. Namun, karbohidrat dalam sagu adalah karbohidrat yang kompleks sehingga lebih lama terurai. Ini membuat kalian tidak akan cepat merasa lapar.

Sementara karbohidrat di dalam nasi hanyalah karbohidrat sederhana yang mudah terurai menjadi gula. Tentunya tidak terlalu sehat untuk tubuh jika dikonsumsi dalam jumlah banyak (potensi diabetes). Tak cuma itu, dikutip dari Daily Mail, makanan seperti nasi adalah makanan dengan Indeks Glikemik (Glycemic Index) tinggi, yaitu kandungan yang membuat gula darah manusia bergerak naik turun dengan sangat cepat.

2. Menjaga tulang dan gigi tetap kuat
Manfaat sagu berikutnya yaitu di dalam 100 gram sagu mengandung 13 mg mineral fosfor. Perlu diketahui, fosfor adalah salah satu komponen penting penyusun struktur tulang dan gigi untuk tetap sehat dan kuat.

Tubuh yang kekurangan fosfor dapat menimbulkan gejala tulang keropos (osteroporosis) serta masalah kesehatan gigi dan gusi.

3. Melancarkan urinasi
Masih berkaitan dengan poin nomor 2, kandungan mineral fosfor dalam sagu juga dapat memperlancar urinasi (buang air kecil) manusia. Urinasi yang lancar dapat membantu tubuh mengurangi kelebihan garam, air, asam urat maupun zat-zat lain yang membahayakan kesehatan ginjal.

4. Mencegah penyakit kanker usus
Mengkonsumsi sagu secara berkala membuat tubuh terhindar dari resiko kanker usus. Ini dikarenakan sari pati dalam sagu tidak dicerna oleh usus halus manusia, melainkan langsung difermentasi oleh bakteri di kolon (ujung dari saluran pencernaan manusia yang terdiri dari usus besar, rektum dan anus).

5. Solusi jantung tetap sehat
Tak hanya kanker usus, sagu juga memiliki peran dalam menjaga kesehatan jantung karena mampu meminimalisir terjadinya penggumpalan darah (istilah medisnya deep vein thrombosis). Penggumpalan darah akan berdampak pada buruknya aliran darah ke jantung yang biasanya menyebabkan orang mengalami serangan jantung maupun struk berat.

Selain 5 khasiat di atas, sagu juga masih mempunyai manfaat tak kalah penting lain yang juga dibutuhkan tubuh manusia seperti membantu mengurangi berat badan sebagai menu diet dan mencegah masuk angin karena tubuh yang kurang istirahat.

Papeda merupakan makanan berupa bubur sagu khas Maluku dan Papua yang biasanya dihidangakan bersama dengan ikan tongkol atau mubara yang diberi bumbu seperti kunyit. Makanan ini umumnya berwarna putih dan bertekstur lengket menyerupai lem dan mempunyai rasa yang tawar. Perlu anda ketahui makanan ini memililki serat yang tinggi, kolesterol yang rendah dan berbagai kandungan nutrisi lainnya.
papeda

Berbicara tentang papeda ini memiliki bahan dasar utama seperti sagu yang merupakan makanan pokok di daerah papua dan Maluku khususnya di Kabupaten Mappi, Asmat, dan Mimika. Makanan ini merupakan sallah satu sajian khas sagu yang jarang ditemukan, tapi dikenal luas dalam tradisi masyarakat adat Abrab dan Sentani di Danau Sentani dan Arso, serta Manokwari. Selain dikonsumsi bersama ikan tongkol, makanan ini juga dapat dikombinasikan dengan ikan gabus, kakap merah, bubara dan juga ikan kue. Bukan hanya itu saja, di dalamnya terdapat berbagai kandungan yang dapat berfungsi untuk menjaga kesehatan tubuh, antara lain kalori, protein, karbohidrat, lemak, kalsium, fosfor, zat besi. Selain itu juga terdapat bermacam-macam vitamin seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin C. Tentu semua kandungan nutrisi tersebut merupakan unsur yang dibutuhkan untuk tetap mengoptimalkan organ-organ dalam tubuh. Untuk anda yang ingin mengetahui apa saja manfaat dan khasiat makanan ini, berikut inilah manfaatnya.

Terimakasih telah membaca artikel kami, semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Instagram