Gulai Belacan Riau

Gulai Belacan Riau
CARA MEMBUAT GULAI BELACAN UDANG KHAS RIAU


gulai belacan
Resep Gulai Belacan Udang Khas Riau, Pekan Baru Sederhana Spesial Pedas Asli Enak. Resep masakan khas Melayu Riau ini patut Anda coba, Gulai Belacan atau terasi adalah masakan tradisional atau makanan berupa gulai udang besar berkuah santan dengan bumbu terasi atau bumbu belacan pedas yang berasal dari Riau dan kepulauan Riau. Ada juga yang menyebut masakan ini dengan resep sambal gulai belacan atau resep gulai sambal belacan khas Melayu.

Bila Anda penggemar makanan seafood khususnya udang boleh dicoba resep gule ini rasanya sangat gurih, lezat dan pedas cabai rawitnya sangat terasa disamping itu rasanya sangat segar, karena rasa asam, manis, asin, dan gurih menjadi satu apalagi ditambah dengan petai atau pete membuat masakan ini bertambah harum. Berikut masakan resepi gulai belacan khas Melayu sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang mudah dan praktis.

RESEP GULAI BELACAN
BAHAN :
10 ekor udang besar/ udang pancet, cuci bersih
1 sdm belacan atau terasi
1 papan petai, kupas
1 sdm air asam jawa
1 sdm gula pasir
500 ml santan
1 sdt garam
1/2 sdt lada
3 sdm minyak goreng

BUMBU HALUSKAN :
6 bh bawang merah
4 siung bawang putih
6 btr kemiri
6 bh cabai merah
6 bh cabai rawit

CARA MEMASAK GULAI BELACAN UDANG MELAYU RIAU :
Panaskan minyak, tumis terasi/belacan dan bumbu halus hingga harum dan matang, masukkan udang, masak hingga udang berubah warna.
Masukkan santan, air asam jawa, gula pasir, garam dan lada, masak hingga semua bahan matang dan kuah mengental.
Masukkan petai, aduk rata, angkat.
Sajikan.

Gulai ini salah satu makanan yang memiliki bahan baku aneka ikan, daging kambing, daging ayam, daging sapi, jeroan, atau sayuran seperti nangka muda dan daun singkong, yang kemudian diolah dengan berbagai rempah-rempah yang bercita rasa gurih dan berkuah. Makanan ini memiliki ciri khas yaitu mempunyai bumbu yang kaya akan rempah-rempah seperti ketumbar, lada, kunyit, jahe, lengkuas, bawang merah, bawang putih, cabai merah, pala, adas, serai, jintan dan kayu manis yang dihaluskan dan dicampur menjadi satu, kemuadiah diolah dalam santan. Makanan ini hampir mirip dengan kari, dan secara internasional dikenal sebagai kari ala Indonesia.

Berbicara tentang makanan sendiri merupakan salah satu jenis hidangan makanan yang senagat dikenal luas oleh masyarakat Indonesia, terutama di Sumatra dan Jawa serta Semenanjung Malaya. Kuah makanan ini umumnya berwarna kuning dan memberikan citarasa yang khas sekali, biasanya juga disajikan di rumah makan Padang. Di daerah Minangkabau, Melayu dan Aceh, kuah atau bumbu gulai biasanya bertekstur kental sedangkan di Jawa kuah gulai lebih cair menjai semacam sup yang dihidangkan panas yang berisi daging atau jeroan kambing. Gulai memiliki berbagai variasi antara lain gulai ayam, ampela, ikan mas, kepala ikan kakap, nangka muda, hati, otak, babat, sum-sum dan masih banyak sekali, tergantung selera dari masyarakat di penjuru Nusantara. Untuk anda yang ingin mengetahui apa saja manfaat dan khasiat gulai ini, berikut inilah manfaatnya.

Ada beberapa manfaat belacan untuk kesehatan
1. Mengurangi resiko kanker
Khasiat gulai yang pertama yaitu dapat mengurangi resiko terkena penyakit kanker. Karena di dalamnya terdapat kandungan vitamin B yang bermanfaat untuk mencegah tumbuhnya sel-sel kanker di dalm tubuh yang dapat mengakibatkan timbulnya penyakit kanker.

2. Menjaga kesehatan jantung
Selain dapat mengurangi resiko terkena penyakit kanker, gulai ini juga dapat bermanfaat untuk manjaga kesehatan jantung. Hal ini dikarenakan kandungan yang ada di dalamnya dapat mencegah racun yang akan masuk ke dalam jantung, sehingga hal ini akan mencegah terjadinya serangan jantung.

3. Menurunkan berat badan
Bagi anda yang mempunyai masalah berat badan, maka anda dapat mengkonsumsi gulai yang berbahan dasar daging kambing untuk membantu menurunkan berat badan anda. Di dalamnya terdapat kandungan vitamin B yang bermanfaat untuk membakar lemak dalam tubuh sehingga berat badan akan berkurang. Maka dari itu anda dapat mengkonsumsi makanan ini sebagai alternatif untuk membantu menurunkan berat badan.

4. Mengurangi resiko bayi lahir cacat
Tentu anda para wanita yang hamil tidak ingin jabang bayi yang ada di dalam perut anda lahir dengan cacat, semua orang tidak menginginkan hal itu terjadi. Anda dapat mengkonsumsi gulai ini untuk membantu pembentukan organ-organ bayi di dalam perut.

5. Sebagai sumber energi
Selain dapat mengurangi resiko bayi lahir cacat, gulai ini dapa berperan sebagai sumber energi bagi tubuh. Itu dikarenakan di dalmnya terdapat kandungan kalori yang cukup tinggi sehingga dapat membantu memproduksi energi yang dibutuhkan oleh tubuh agar dapat menjalankan aktivitas sehari-hari.

6. Mencegah anemia
Anemia merupakan penyakit yang disebabkan oleh kurangnya produksi sel darah merah dalam tubuh. Anda dapat mengkonsumsi gulai ini sebagai alternatif untuk menambah kadar sel darah merah dalam tubuh. Jika kebutuhan sel darah merah terpenuhi maka hal tersebut akan mencegah terjadinya penyakit anemia.

7. Membantu membakar lemak
Meskipun lemak berperan sebagai sumber energi, kadar lemak yang berlebihan di dalam tubuh dapat menyebabkan timbulnya penyakit. Maka tubuh membutuhkan pemebakaran lemak secara teratur untuk mencegah terjadinya penimbunan lemak di dalam tubuh. Kandunga vitamin B12 di dalam gulai dapat bermanfaat untuk membakar lemak yang berelebih di dalam tubuh.

8. Mengontrol kadar kolesterol tubuh
Kadar kolesterol yang tinggi di dalam tubuh dapat membahayakan kesehatan tubuh, kolesterol yang tinggi umumnya disebabkan akibat terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh. Anda dapat mencegah timbulnya penyakit kolesterol anda dapat memanfaatkan gulai ini karena memiliki kandungan lemak tak jenuh yang dapat menyeimbangkan kadar kolesterol dalam tubuh seingga akan mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh.

9. Meningkatkan kinerja otak
Gulai memiliki kandungan protein hewani yang di dapat dari bahan dasar nya seperti daging kambing dadn daging ayam. Protein hewani tersebut dapat berperan untuk meningkatkan kinerja otak, hal ini sangat baik terutama pada masa kanak-kanak, karena akan membangun kecerdasan otak.

10. Meningkatkan kekebalan tubuh
Di dalam gulai juga terdapat berbagai kandungan yang dapat berperan untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Karena kandungan tersebut bersifat menangkal atau membunuh bakteri dan virus yang akan menyerang kesehatan tubuh.

Terimakasih telah membaca artikel kami semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Instagram