Kerak Telur Jakarta

kerak telur jakarta; Ayok buruan cicipi makanan khas jakarta, luar biasa bagi anda yang belum mencoba, tunggu apa lagi.

kerak telur

Makanan Khas Asli Betawi, Kerak Telor Jakarta.
Kota Jakarta selain mempunyai wisata sejarah dan wisata budaya dengan nilai histori yang tinggi, Jakarta juga mempunyai makanan kuliner asli khas Kota Jakarta. Makanan asli Kota Jakarta ini memang sudah lumayan sulit ditemukan sekarang ini, tetapi makanan khas Jakarta ini masih menjadi buruan masyarakat Jakarta, yaitu Kerak Telor Jakarta.

kerak telor jakarta

kerak telur enak

Kerak Telor merupakan makanan traditional dan khas masyarakat Betawi. Suku Betawi juga disebut masyarakat asli Kota Jakarta. Kerak Telor terbuat dari bahan – bahan beras ketan putih, telur ayam atau telur bebek, ebi (udang kering yang diasinkan), bawang merah goreng, dan dengan beberapa bumbu rempah lainnya. Kerak Telor Jakarta juga disajikan dengan serundeng, yaitu kelapa setengah tua yang diparut dan disangrai dengan tambahan bumbu seperti bumbu penyedap, daun bawang, dan ikan atau udang kering. Maka dari itu, rasa dari Kerak Telor Jakarta ini sangat gurih karena perpaduan antara rasa telur, ebi, dan serundeng. Tidak salah, makanan ini sangat dicari oleh wisatawan lokal maupun mancanegara pada saat berpergian ke Kota Jakarta.

Keunikan Kerak Telur Betawi Jakarta

telur

Kerak Telor Jakarta
Ada beberapa hal lagi yang harus Toppers ketahui tentang Kerak Telor Jakarta ini. Kerak Telor selain memiliki cita rasa yang gurih dan lezat dan menjadi incaran para wisatawan, Kerak Telor Jakarta juga mempunyai seni tersendiri pada cara proses pembuatannya lho! Proses membuatnya pun tergolong unik yaitu dengan cara wajan dibalik menghadap ke arah arang dari anglo lalu dibiarkan menjadi kerak. Membuat Kerak Telur Khas Betawi ini juga tidak menggunakan kompor. Jadi, Toppers akan merasakan sendiri keunikan dan sensasi yang khas dari masakan khas Jakarta ini karena penggunaan anglo.

Kerak Telor Betawi
Memang, lumayan sulit menemukan penjual kerak telor di Jakarta sekarang ini. Tapi, bagi Toppers yang sudah tidak sabar mencicipi kuliner tradisional khas Betawi ini, Toppers dapat menemukan Penjual Kerak Telor Khas Betawi di sekitar daerah Kota Tua Jakarta atau Setu Babakan Jakarta. Toppers bisa juga menemukan penjual kerak telor pada acara atau event Kota Jakarta seperti pada saat event Pekan Raya Jakarta (PRJ). Harga satu porsi Kerak Telor Jakarta bervariasi antara Rp 15.000 -Rp 25.000. Bagi Toppers yang hobi kuliner bersama keluarga atau teman – teman, makanan khas ala Betawi ini pastinya tidak boleh dilewatkan! Selamat mencicipi Kerak Telor, Toppers!

Nggak terasa, sebentar lagi Jakarta akan merayakan ulang tahun ke 490 yang jatuh pada tanggal 22 Juni. Pastinya travelers nggak asing dong dengan makanan khas Jakarta, kerak telor yang sering dijajakan oleh pedagang saat event Jakarta Fair (Pekan Raya Jakarta). Jangan cuma bisa merasakan lezatnya kerak telor, tapi kamu juga harus tahu soal asal mula terciptanya kerak telor. Simak bareng Pegipegi, yuk!

Bentuknya yang seperti omelet, tak jarang kerak telor kerap disebut omelet Batavia. Bahan telurnya ada dua, yaitu beras ketan dan telur bebek/telur ayam. Supaya rasanya makin nikmat, kerak telor juga diberi campuran rempah-rempah sebagai penyedap.

Kerak telor dimasak menggunakan wajan. Saat kerak telor sudah setengah matang, kerak telor pun dibalik dan dibiarkan terkena bara api sambil dikipasi. Ketika agak kering dan matang, barulah kerak telor disajikan dengan serundeng yang berasal dari kelapa parut, juga bawang goreng.

Ketika zaman penjajahan Belanda dahulu, kerak telor tercipta secara nggak sengaja karena hasil coba-coba sekawanan orang Betawi yang tinggal di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Jakarta yang dulu terkenal dengan nama Batavia memiliki banyak pohon kelapa, sehingga para warga memanfaatkan buah kelapa untuk memasak beragam makanan, salah satunya kerak telor.

Sekitar tahun 1970, warga Betawi baru mulai berani menjajakan kerak telor di kawasan Tugu Monas. Makanan ini menjadi daya tarik yang membuat wisatawan berdatangan ke Jakarta. Bahkan, kerak telor pun menjadi makanan kaum elite.

CUMA MUNCUL SETAHUN SEKALI
Untuk mendapatkan makanan kerak telor, memang gampang-gampang susah. Soalnya, kerak telor cuma muncul setahun sekali, yaitu di bulan Juni-Juli dalam rangka merayakan ulang tahun Jakarta. Resep kerak telor memang beredar di mana-mana, termasuk di internet. Tapi, belum tentu kamu bisa memasak kerak telor, seperti yang dibuat oleh pedagang kerak telor yang sudah banyak makan asam garam.

Persiapan untuk membuat kerak telor membutuhkan waktu lebih dari sehari. Terutama di tahap awal saat membuat beras ketannya lunak tanpa dimasak, yaitu dengan cara direndam semalaman. Kalau nggak, beras ketas yang hanya dimasak sebentar saat kerak telor dibuat bakal terasa seperti nasi yang belum matang.

Terimakasih telah membaca artiikel kami, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Instagram