Ayam Taliwang Lombok

Ayam Taliwang Lombok; Apakah anda penggemar makanan pedas? jika Benar, bisa dipastikan anda mengenal masakan khas daerah Lombok yang bernama Ayam Bakar Taliwang. Menu Ayam bakarnya yang ekstra pedas dan plus plecing kangkungnya yang segar, pasti bikin makan ekstra lahap plus keringatan .
ayam taliwang lombok

Kebetulan saya menyukai makanan khas Indonesia terutama yang berselera pedas, walaupun perut saya sering tidak bisa diajak kompromi, selama enak di mulut sakit sedikit tidak apalah (kalau rasanya tidak enak plus sakit nah itu yang harus dijauhi hehehe).

Ayam Taliwang – Masakan Pedas Khas Lombok
Sambal Ayam Bakar Taliwang
Di Jakarta, Menu Ayam Bakar Taliwang salah satunya dapat dijumpai di rumah makan Ayam Taliwang Bersaudara, yang menyediakan masakan khas lombok. Terletak di daerah Panglima Polim, layak dicoba bagi penggemar makanan pedas.

Menu Favorit
Setiap berkunjung kesana, saya selalu memesan menu ayam bakar plecing plus plecing kangkung, terkadang ditambah dengan menu sate pusut. Ayam Bakar Plecing punya level kepedasan lebih dari ayam bakar taliwang biasa. Kelebihannya, selain lebih pedas dagingnya lebih terasa gurih, bagi yang tidak terlalu suka sensasi pedasnya bisa memilih ayam bakar biasa saja.

Untuk satu ekor ayam bakar plecing dihargai Rp 33.000,- saja, plus plecing kangkung seharga Rp 12.000,- per porsi. Ukuran ayamnya relatif kecil, karena menggunakan ayam kampung, yang pasti gurihnya mantap. Dengan proses masak yang njelimet, konon digoreng, lalu dibakar berulang kali, rasa dagingnya benar-benar gurih, pedasnya itu terasa sampai kedalam daging, tidak cuma di permukaan. Ditambah dengan kuah siramnya, rasa pedasnya terasa maksimal, sedia tissue sebelum banjir keringat .

Ayam Taliwang – Masakan Pedas Khas Lombok
Plecing Kangkung Segar Mengguggah
Plecing kangkungnya juga tidak kalah nikmat, kangkung lombok segar, ditambah dengan tauge, kacang tanah dan serutan kelapa (sepertinya), plus sambal tomat dan terasi, dijamin bikin air liur membanjiri mulut. Rasanya campuran pedas dan asam yang sangat pas. Apalagi disantap setelah melahap ayam bakar plecing hmmm.. rasanya segar menggugah.

Sempat juga mencoba menu yang sama di Ayam Bakar Taliwang Bersaudara yang berlokasi di Bandung, plecing kangkung disana disajikan dalam keadaan dingin yang semakin menambah sensasi kesegarannya.

Ayam ini merupakan salah satu jenis bahan makanan yang banyak diidolakan orang dan paling banyak dikonsumsi. Ayam bisa dinikmati di rumah, dimasak sendiri secara sederhana atau menggunakan resep spesial. Ayam juga bisa dinikmati di restoran-restoran atau tempat makan di luar rumah. 
ayam taliwang

Resep memasak ayam juga sangat bermacam. Masakan ayam khas Indonesia sendiri ada banyak, mulai dari ayam betutu, ayam taliwang, dan lainnya. Masakan ayam yang diadaptasi dari luar negeri juga banyak dan populer di Indonesia. Nah, apa kamu pecinta kuliner olahan ayam? 

"Karena aku alergi makan seafood dan tak terlalu suka daging sapi dan kambing, ayam jadi daging favoritku. Tapi, tentu olahannya bermacam-macam. Kalau makan ayam goreng terus pasti bosan," ungkap Nova Wulansari, pecinta kuliner ayam yang menetap di Magelang, kepada brilio.net. 

Yuk, cari tau mengenai jenis kuliner ayam yang pasti memanjakan lidahmu yang dirangkum 

1. Ayam betutu
Kalau ini olahan ayam khas Gilimanuk, Bali. Olahan pedas ini pasti akan memanjakan lidahmu dengan bumbu kuning yang lezat. 

2. Ayam taliwang
Ayam Taliwang adalah makanan khas Taliwang, Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat.  Daging ayam tersebut dibakar dengan bumbu cabai merah kering, bawang merah, bawang putih, tomat, terasi goreng, kencur, gula merah, dan garam. Makanan ini biasanya disajikan bersama makanan khas Lombok yang lain, misalnya plecing kangkung.

3. Pepes ayam
Olahan ayam khas Sunda ini sangat pas nikmat disajikan dengan sepiring nasi putih hangat. Bumbu-bumbu khas Indonesia yang dipakai akan membuatnya sangat lezat. 

4. Ayam panggang
Kalau ini pasti nggak asing lagi kan? Ayam panggang bisa kamu beli di banyak tempat makan dari restoran sampai yang di pinggir-pinggir jalan. 

5. Ayam bumbu kemangi
Ini tak kalah sedap dengan yang lain, apalagi kalau kamu pecinta pedas bisa disajikan dengan super pedas. Aroma kemangi yang khas akan membuat masakan ini semakin nikmat. 

6. Ayam rica-rica
Ayam juga nikmat dimasak rica-rica. Dengan lumuran bumbu pedas yang nikmat, pasti akan membuatmu ketagihan. 

7. Ayam bakar
Ada banyak jenis ayam bakar, ada ayam bakar madu, ayam bakar pedas manis, dan lainnya. Masakan ini bisa kamu buat sendiri atau beli di tempat makan olahan ayam. 

8. Ayam panggang bumbu rujak
Masakan khas Jawa Timur ini cocok untuk dinikmati ramai-ramai. Kamu pernah coba? 

9. Ayam teriyaki
Ayam teriyaki adalah ayam tumis dengan cita rasa manis. Masakan ini merupakan masakan khas Jepang. Kamu bisa membelinya di restoran ala Jepang. 

10. Ayam goreng
Kalau yang ini ibu-ibu di Indonesia sering membuatnya di rumah karena memang sederhana dan mudah. 

11. Ayam goreng tepung
Banyak restoran cepat saji menyediakan menu ini. Kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah karena tidak terlalu susah kok membuatnya. 

12. Ayam penyet
Ayam penyet Surabaya adalah salah satu yang paling terkenal. Kamu nggak harus ke Surabaya untuk menikmati masakan ini, karena tersedia di banyak tempat. 

13. Ayam geprek
Kamu akrab nggak dengan masakan ini? Di Yogyakarta, ayam geprek menjadi salah satu maknaan favorit untuk mahasiswa. Salah satunya, kamu bisa menikmati ayam geprek di Ayam Geprek Bu Rum, Sleman, Yogyakarta. 

14. Ayam goreng Padang
Kamu bisa menemukan olahan ini di rumah makan Padang yang banyak tersebar di seluruh Indonesia. Rasanya khas bumbu rempah-rempah yang melimpah.

15. Ayam cabe hijau
Gurihnya daging ayam sangat pas berpadu dengan pedas dan aroma khas cabe hijau. Untuk menyajikannya, bisa dengan mentimun atau daun singkong rebus.

16. Opor ayam
Setiapkali Idul Fitri, masakan ini jadi salah satu favorit keluarga Indonesia. Apalagi kalau kamu pecinta masakan bersantan, opor ayam sangat cocok untukmu. 

17. Ayam saus mentega
Untuk olahan ini, kamu bisa memilih daging ayam kampung yang padat atau daging ayam negeri yang empuk. Jangan lupa lumuri ayam dengan jeruk nipis sebelum dimasak agar tak bau amis. 

Terimakasih telah membaca artikel kami semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Instagram